Jelaskan proses pembakaran karbohidrat lemak dan protein dalam tubuh

Esofagus dan Lambung Setelah dikunyah, makanan yang mengandung lemak akan ditelan dan melewati esophagus secara cepat. Jika glukosa dari diet tak tersedia dan cadangan glikogenpun juga habis, maka sumber energi non karbohidrat yaitu lipid dan protein harus digunakan.

Mencegah kegemukan Dengan adanya serat, maka penyerapan karbohidrat, lemak dan protein menjadi ber kurang. Karbohidrat dicerna menjadi glukosa yang beredar bersama dalam darah ke sel-sel tubuh. Sesungguhnya itu adalah jantung. Rasa manis, mudah larut dalam air.

Jika dosis obat ini lebih tinggi dari makanan yang dimakan maka obat ini bisa bereaksi menurunkan kadar gula darah terlalu banyak.

Untuk pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan sel-sel tubuh. Energi ini diperlukan untuk tumbuh, bergerak, mempertahankan suhu tubuh, dan berkembang biak.

Penyakit hati yang berat misalnya hepatitis virus, sirosis atau kanker juga bisa menyebabkan hipoglikemia. Firman Allah dalam surat artinya: Produk akhir metabolisme kolesterol adalah asam empedu. Uji lemak a. Contoh dari lintasan ini adalah siklus asam sitrat Siklus Kreb.

Dalam reaksi ini,gugus fosfat dipindahkan dari ATP ke fruktosafosfat pada posisi 1. Lemak hewani adalah lemak hewan yang dapat diperoleh dari keju, lemak daging, mentega, susu, ikan basah, minyak ikan, dan telur.

Gejala-gejala hipoglikemia antara lain gelisah, gemetar, banyak berkeringat, lapar, pucat, sering menguap karena merasa ngantuk, lemas, sakit kepala, jantung berdeba-debar, rasa kesemutan pada lidah, jari-jari tangan dan bibir, penglihatan kabur atau ganda serta tidak dapat berkonsentrasi.

Tahap terakhir pada glikolisis ialah reaksi pemindahan gugus fosfat berenergi tinggi dari fosfoenolpiruvat ke ADP yang dikatalisis oleh enzim piruvat kinase sehingga terbentuk molekul ATP dan molekul asam piruvat.

Olah raga berat dalam waktu yang lama pada orang yang sehat jarang menyebabkan hipoglikemia. Hipoglikemia reaktif pada dewasa bisa terjadi setelah mengkonsumsi alkohol yang dicampur dengan gula misalnya gin dan tonik. Gejala yang menyerupai kecemasan maupun gangguan fungsi otak bisa terjadi secara perlahan maupun secara tiba-tiba.

Karbohidrat mempunyai fungsi sebagai berikut. Secara umum, mineral terbagi menjadi 2 macam, yaitu makro mineral dan mikro mineral. Hipervitaminosis umumnya terjadi pada vitamin yang larut dalam lemak. Pencernaan Lemak oleh Tubuh Makanan-makanan yang mengandung lemak dicerna oleh tubuh melalui serangkaian tahapan panjang, baik secara mekanis maupun kimiawi.

Berdasarkan sifat kelarutannya vitamin dibedakan menjadi. Glikogen dapat diubah kembali menjadi glukosa oleh hormon adrenalin. Selain kelompok tersebut juga masih ada oligosakarida yang memiliki monosakarida lebih pendek dari polisakarida, contohnya adalah satkiosa, rafinosa, fruktooligosakarida, dan galaktooligosakarida Fungsi Karbohidrat Simpanan energi, bahan bakar dan senyawa antara metabolism Bagian dari kerangka struktural dari pembentuk RNA dan DNA Merupakan elemen struktural dari dinding sel tanaman maupun bakteri.

Hal ini terjadi apabila masih ada glukosa yang dipergunakan sebagi sumber energi. Tabel gula darah didasarkan pada pengukuran gula darah rata-rata orang dewasa yang sehat normal: Hal ini akan selanjutnya merangsang hati untuk melepaskan gula agar kadarnya dalam darah tetap terjaga.Lemak nabati misalnya terdapat dalam buah alpukat, kacang-kacangan, dan minyak tumbuhan, sedangkan lemak hewani terdapat dalam daging, telur, susu hewan, ikan, serta berbagai olahannya.

Baik lemak nabati maupun lemak hewani, meskipun struktur dan susunannya sedikit berbeda, namun di dalam tubuh keduanya dicerna dengan proses yang sama. Karbohidrat, protein dan lemak merupakan pembahasan yang amat penting dalam ilmu kimia.

Dimana melalui makalah ini, saya berusaha memperjels lagi tentang hal-hal yang menyangkut karbohidrat, protein dan lemak. Dalam makalah ini berbagai macam seluk-beluk yang dibahas sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Fungsi Lemak Fungsi lemak dalam tubuh antara lain sebagai berikut.

1) Pelarut vitamin A, D, E, dan K.

HUBUNGAN KATABOLISME KARBOHIDRAT, PROTEIN DAN LEMAK

2) Sumber energi, pembakaran 1 gram lemak menghasilkan energi 9,3 kilokalori. 3) Pelindung tubuh dari gesekan dan benturan serta suhu yang ekstrim. 4) Sebagai cadangan makanan.

d. Vitamin dan Mineral Vitamin diperlukan dalam proses metabolisme. Dalam bentuk glukosalah massa karbohidrat makanan diserap ke dalam aliran darah, atau ke dalam bentuk glukosalah karbohidrat dikonversi di dalam hati, serta dari glukosalah semua bentuk karbohidrat lain dalam tubuh dapat dibentuk.

Agar tubuh sehat dan tumbuh secara normal, ada enam macam zat makanan yang dibutuhkan, yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan festival-decazeville.com: Fitria Dewi NR.

Jun 12,  · Proses Katabolisme Protein Para proses katabolisme protein asam-asam amino tidak dapat disimpan oleh tubuh. Jika jumlah asam amino berlebihan atau terjadi kekurangan sumber energi lain (karbohidrat dan protein), tubuh akan menggunakan asam amino sebagai sumber energi.

Tidak seperti karbohidrat dan lipid, asam amino memerlukan pelepasan gugus amina.

Pengertian dan Fungsi Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral dan Air
Jelaskan proses pembakaran karbohidrat lemak dan protein dalam tubuh
Rated 4/5 based on 17 review