Mekanisme glukoneogenesis dalam peningkatan berat badan

Jika digunakan sebagai terapi tunggal, biasanya diberikan 3 x atau lebih sehari. Setelah makan, kadar glukosa dalam darah akan lebih tinggi, melebihi glukosa yang dibutuhkan dalam proses pembentukan energi tubuh.

Pemantauan mandiri Oleh karena DM Tipe 1 merupakan penyakit kronik dan memerlukan pengobatan seumur hidup, maka pasien serta keluarga harus dapat melakukan pemantauan kadar glukosa darah serta penyakitnya di rumah.

Kelainan berupa disfungsi sel beta dan resistensi insulin merupakan faktor etiologi yang bersifat bawaan genetik. Dehidrasi intrasel mengikuti dehidrasi ekstrasel karena air intrasel akan berdifusi keluar sel mengikuti penurunan gradien konsentrasi ke plasma yang hipertonik sangat pekat.

Berdasarkan hukum termodinamik I — Jumlah energi selalu tetap, tidak dapat dibuat atau dihilangkan, tetapi dapat dirubah bentuk.

Hal ini dikarenakan ada kerusakan pada jaringan endotel. Diabetes Care 7: Mudah lelah e. Pemanjangan sekresi salah satu jenis hormone ini mengakibatkan sel beta pulau langerhans pancreas menjadi lelah dan akibatnya timbullah diabetes.

Maka insulin diproduksi lebih. Penebalan dinding arteri meyebabkan hipertensi, yang semakin merusak lapisan endotel arteri karena menimbulkan gaya merobek sel-sel edotel. Variabilitas dari absorpsi, inkonsistensi suspensi insulin oleh pasien maupun tenaga kesehatan saat menyiapkan dosis bisa mengakibatkan respon glukosa yang labil.

EGC 2. Dengan demikian keadaan ini sama dengan pada DM tipe 1. Efek samping lain dari penggunaan sulfonilurea antara lain adalah ruam kulit, anemia hemolitik, gangguan gastrointestinal dan kolestasis. Insulin diangkut ke jaringan oleh darah, mendorong pengambilan reuptake dan penggunaan utilisasi glukosa.

Ginjal yang berfungsi menyaring maka kinerjanya berkurang, sehingga disekrekresikan ADH 3. Pada pemeriksaan dengan disc gel electrophorese ditemukan bahwa selain insulin dengan puncak C ini, masih ada sejmlah kecil deamino insulin dan arginin insulin yang merupakan hasil antara yang berasal dari perubahan prounsulin manjadi insulin.

Daya imunogenitasnya pada manusia bergantung pada jumlah proinsulin dan bahan-bahan lain yang menyebabkan kristal insulin tidak murni. Percepatan proses ateroskleosis yang menjadi permasalahan serius pada banyak penderita diabetes,ditimbulkan oleh cacat metabolik ini. Mekanisme Sekresi dan Aspek Metabolisme.

Kerusakan sel-sel endotel akan mencetuskan reaksi imun dan inflamasi sehinga akhirnya terjadi pengendapan trombosit, makrofag, dan jaringan fibrosis.6. Mengapa berat badan turun padahal banyak makan? Step 3 1. Mengapa luka di kaki tidak cepat sembuh?

a. Karena terjadi luka terkena bakteri bakteri bersifat glukofilik b. Glukosa banyak terdapat dalam darah sel-sel darah berkurang c.

Antibiotic tidak bisa bekerja dalam kadar gula>mg/dl d. INSULIN: MEKANISME SEKRESI DAN ASPEK METABOLISME Proses Pembentukan dan Sekresi Insulin Hormon adalah zat kimia yang terbentuk dalam satu organ atau bagian tubuh dan dibawa dalam darah ke organ atau bagian di mana mereka menghasilkan efek fungsional.

Peningkatan berat badan juga dapat terjadi pada penggunaan pioglitazon dan rosiglitazon, karena terjadinya retensi cairan dan penumpukan lemak.

Selain itu, ternyata di samping menstimulasi diferensiasi sel lemak, Thiazolidinediones juga menurunkan kadar leptin yang berperan dalam mengatur nafsu makan dan pemasukan makanan. § Interaksi obatAuthor: Pharmacist.

Gejala utama pada penderita DM tipe I adalah naiknya kadar glukosa darah, peningkatan penggunaan lemak sebagai sumber energi dan untuk pembentukan kolesterol di hati, dan Berkurangnya protein dalam jaringan.

DM tipe II, non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM). peningkatan berat badan, ketakutan hipoglikemia, pemberontakan dari otoritas dan stres akibat akan menstimulasi produksi glukosa hepatik melalui mekanisme peningkatan glikogenolisis dan glukoneogenesis (Gambar 4).

bebas ini akan diubah oleh hati menjadi badan-badan keton yang dilepaskan ke dalam sirkulasi. Kondisi ini berdampak pada penurunan massa otot, kelemahan otot, dan rasa mudah lelah.

b.

Starvasi selluler juga akan mengakibatkan peningkatan metabolisme protein dan asam amino yang digunakan sebagai substrat yang diperlukan untuk glukoneogenesis dalam hati.

Hasil dari glukoneogenesis akan dijadikan untuk proses aktivitas sel tubuh.

SISTEM METABOLISME DAN PENGATURAN SUHU TUBUH

Protein.

Mekanisme glukoneogenesis dalam peningkatan berat badan
Rated 3/5 based on 21 review